Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Kostum Olahraga Paguyuban Fratres SVD Asal Manggarai Raya

Suara BulirBERNAS
Thursday, June 13, 2024 | 12:13 WIB Last Updated 2024-06-13T05:31:29Z

Oleh: RP. Stefanus Dampur, SVD*)


Kostum Olahraga Paguyuban Fratres SVD Asal Manggarai Raya
Kostum Olahraga Paguyuban Fratres SVD Asal Manggarai Raya (Gereja Paroki Trinitas Ranggu, Manggarai Barat)


Pengantar Singkat


Saat mempersiapkan pelaksanaan kegiatan live-in di Paroki Ranggu (Juni 2023) Seksi Olahraga Paguyuban FRATRES SVD ASAL MANGGARAI RAYA, Fr. Okto Sumarto, SVD dan Bendahara Paguyuban, Fr. Bona SAMPURNA, SVD datang bertemu saya di Komunitas Patres Ledalero untuk menjajaki kemungkinan mencari donatur yang berkenan menyumbangkan kostum olahraga untuk para Frater SVD. Maklumlah posisi saya sebagai Pastor Moderatornya.


Baca: Kunjungan Yang Bermakna (Memetik Pesan Mulia Pesta Maria Mengunjungi Elisabeth, Saudarinya)


Kepada kedua Frater muda tersebut, saya berkata: "Semoga ada orang baik yang berkenan membantu kita. Jika tidak ada, maka kita  pakai saja kostum lama yang dipakai tahun lalu (Kostum tahun 2022 yang dipakai saat live-in di Paroki Mbata, saat mana saya memimpin 60-an Frater SVD ber-live-in)". 


Ada Donatur


Lalu, sekembalinya dua Frater ini, saya mengontak kakak ipar, yang saya yakini beliau bisa menolong.

 "Tabe ite, apa kabar?" Beliau menjawab: "Yo Pater, kabar baik". Pater menjawab: "Syukur Ite dan keluarga". "Pater, apa kabar?", tanya beliau. Saya menjawab: "Syukur, baik. Kami sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan Live-in di Paroki Ranggu. Apakah Ite berkenan mendukung kegiatan para Frater tersebut?". Beliau menjawab: "Apa yang bisa saya bantu?". Lalu, saya menjawab: "Jika berkenan, ite bisa membantu kostum olahraga". Beliau menjawab: "Kami siap membantu Pater. Kami tunggu di rumah pada Minggu, tanggal 11 Juni 2023". "Terima kasih Ite", sahut saya.

Syukur kepada Allah, akhirnya kami mendapatkan "Donatur yang menyiapkan Kostum Olahraga" untuk para Frater SVD.


Baca: Tetap Bersahaja Dan Murah Hati (Belajar dari Orang Samaria Yang Baik Hati Dan Menelisik Sisi Baik Keledai, Minyak dan Penginapan)


Kostum Diambil


Pada tanggal 11 Juni 2023, saya meminta kesediaan dua Frater untuk mengambil Kostum olahraga tersebut di Swalayan Bandung Utama Group di Pagal. Kedua Frater tersebut ke rumah itu tetapi pemilik swalayan dan rumah sedang tidak berada di tempat. Maklum ada pesta komuni pertama. 

Lalu, sore harinya dua Frater yang saya percayakan akhirnya bisa mengambil Kostum tersebut. Dari hati yang terdalam, atas nama semua Frater SVD yang tergabung dalam Paguyuban Fratres SVD asal Manggarai Raya, saya mengucapkan limpah terima kasih kepada yang baik Kakak Robertus Sat (Bapa Aurel) yang berkenan menyumbangkan kostum olahraga untuk para frater sejumlah 18 lembar komplit (baju dan celana). Semoga Tuhan membalas kebaikanmu dan memberkati usaha serta perjuangan dalam kehidupan.


Memasuki Pelataran Gereja Paroki Trinitas Ranggu


Setelah mengecek kostum olahraga para Frater tersebut, lalu saya berjalan ke depan pelataran Gereja Paroki Ranggu. Gereja Paroki ini sungguh megah, anggun, artistik, estetis. Pokoknya luar biasa!


Baca: Program Strategis Pastoral Kunjungan Umat Komunitas Basis Gêrejawi (KBG) di Paroki Hokeng (Belajar dari Pengalaman Kunjungan Pastoral di Lingkungan Podor)


Untuk meyakinkan Anda sekalian tentang indah dan megahnya Gereja Paroki Ranggu ini, berikut saya akan menunjukkan foto hasil jepretan saya dengan menggunakan handphone Oppo berusia empat tahun (dihadiahkan oleh donatur tahun 2019 lalu).

**

Sekian dulu narasi kecil pemerolehan kostum olahraga para Fratres SVD angkatan 2022/ 2023 dan rangkaian ucapan terima kasih kepada donatur juga kisah kesejukan yang kami alami dari Paroki Trinitas Ranggu. Udara di sini lumayan dingin. Cuaca berkabut. 

Sungguh terasa keheningannya.


*) Penulis adalah Pastor Moderator Paguyuban Fratres SVD Asal Manggarai Raya periode 2018-2023.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kostum Olahraga Paguyuban Fratres SVD Asal Manggarai Raya

Trending Now

Iklan