Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Anggota DPRD terpilih dari fraksi PKB periode 2024-2029, Pergelaran Caci di Pusat Kecamatan Satarmese Barat Kedepankan Budaya Asli Todo

Suara BulirBERNAS
Saturday, August 17, 2024 | 14:19 WIB Last Updated 2024-08-17T07:32:56Z


Anggota DPRD terpilih dari fraksi PKB periode 2024-2029, Pergelaran Caci di Pusat Kecamatan Satarmese Barat Kedepankan Budaya Asli Todo
Anggota DPRD terpilih dari fraksi  PKB





BernasINDO.id - Anggota DPRD terpilih dari fraksi PKB periode 2024-2029, Gusti Nancung menyampaikan pergelaran caci peringatan HUT RI dan usia 17 tahun kecamatan Satarmese Barat sangat membudayakan adat Todo. Tarian caci yang dihadiri ribuan orang tersebut dilaksanakan di pusat kecamatan, Lebang, pada 15-16 Agustus 2024. 


Baca: Pergelaran Caci Dalam Rangka Peringati HUT RI ke-79 dan Usia 17 Tahun Sabar, Camat Anselmus Ngomong Soal ini


Gusti Nancung mengatakan permainan caci antar kecamatan Satarmese Barat dengan Satarmese Utara sangat menunjukan keotentikan budaya Manggarai khususnya adat Todo.


"Permainan caci ini sangat membudaya, dimana dari budayanya pentas caci ini tidak dinodai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan sangat patuh seperti dari ta'ang (penangkisan) membudayakan adat Todo (toe ta'ang gaya-mengutamakan keaslian budaya) ini yang kita pertahankan dan wariskan ke generasi selanjutnya", kata Gusti, Jumat, (16/08/2024)


Tokoh asli gendang Narang tersebut menambahkan pementasan caci itu sangat memuaskan dan terhibur oleh karena nilai-nilai persaudaraan, kekeluargaan dan budaya yang sangat kental. 


Baca: Selain Ritus Adat, Warga Purangkilit Adakan Ritual Rohani di Altar Sompang


"Tarian caci ini sangat memuaskan seluruh masyarakat se-kecamatan Satarmese Barat, puket (tuan rumah) dan meka landang (tamu kecamatan Satarmese Utara) juga sangat luar biasa untuk membawa pentas caci yang sangat membudaya, dan lomes (seni) Surat Edar reba Wesa (julukan) juga sangat luar biasa, mungkin ini yang kita perlu belajar dari lomes  goet (seni berpuisi) dan landu (lagu) yang sesuai tema caci merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI)", tambangnya.


Anggota DPR terpilih itu mengapresiasi seluruh elemen yang terlibat dalam memperlancar perayaan HUT RI lebih khusus pentas caci yang terlaksanakan dengan baik dan benar.


"Saya secara pribadi menyampaikan profisiat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gendang Narang, Gendang Nggiringgong, Gendang lelit, Gendang Pulang dan Gendang Kende, Camat Satarmese Barat dan Satarmese Utara serta seluruh panitia dalam memperlancarkan pertarungan caci", ujarnya.


Baca: Pertunangan Harry dan Arny Dirayakan Dengan Spesial, Romantis, dan Penuh Sukacita


Gusti mengharapkan kecamatan Sabar itu semakin berkembang dan maju dalam mewujudkan, memelihara dan menjaga serta meregenerasikan budaya Manggarai kepada anak-anak muda", tutupnya.




Oleh: Nasarius Fidin

Penulis adalah Guru SMKN 1 Satarmese

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anggota DPRD terpilih dari fraksi PKB periode 2024-2029, Pergelaran Caci di Pusat Kecamatan Satarmese Barat Kedepankan Budaya Asli Todo

Trending Now

Iklan