Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Peringati HUT RI Ke-79, Pastor paroki Narang, Masyarakat Harus Move On And Move Together Untuk Kebaikan Bersama

Suara BulirBERNAS
Sunday, August 18, 2024 | 03:49 WIB Last Updated 2024-08-17T21:21:45Z

Oleh: Nasarius Fidin

Penulis adalah Guru SMKN 1 Satarmese


Pastor paroki Narang, Masyarakat Harus Move On And Move Together Untuk Kebaikan Bersama
Romo Stefanus Sawu Pr (foto ist.)




BernasINDO.id - Pastor paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, RD Stefanus Sawu Pr menyampaikan masyarakat harus Move on and move together untuk kebaikan bersama. Hal itu disampaikannya tatkala perayaan HUT RI ke-79 dan 17 tahun usia kecamatan Satarmese Barat yang digelar di pusat kecamatan, Lebang, Sabtu (17/08/2024).


Baca: Ketua Panitia HUT RI ke-79 Sabar Ingatkan Pentingnya Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Kepada Masyarakat


"Kalau dikaitkan dengan tema nasional HUT RI ke-79 tahun ini, "Nusantara baru, Indonesia Baru", maka saya melihat dan berharap bahwa melalui dan lewat segala kegiatan yang dijalankan, kita  mesti Move on and move together, harus bergerak, berpindah, berubah,  untuk sesuatu yang lebih baik dan berkualitas", kata romo Stefanus. 


Romo asal Manggarai Timur itu berkaca pada ibukota RI yang berpindah dari Jakarta ke Kalimantan. Hal itu dikatakannya sebagai bentuk kesadaran untuk sebuah "bonum commune" seluruh rakyat Indonesia. 


"Ibukota RI berpindah dari Jakarta ke Kalimantan, adalah suatu "move on" untuk sebuah kebaikan seluruh rakyat Indonesia. Jadi, untuk sebuah kemajuan memang perlu bergerak atau berpinda", ujarnya. 


Baca: Anggota DPRD terpilih dari fraksi PKB periode 2024-2029, Pergelaran Caci di Pusat Kecamatan Satarmese Barat Kedepankan Budaya Asli Todo


Pastor paroki Narang itu menerangkan kemerdekaan secara filosofis, bahwa kemerdekaan memiliki dua arti yang wajib disadari dan direnungkan oleh manusia Indonesia. 


"Kemerdekaan memiliki dua arti yakni "bebas dari" hal-hal negatif, dan "bebas untuk" melakukan sesuatu yang positif", terangnya. 


Sebagai orang beragama, kata Romo Stefanus, masyarakat hendaknya selalu bergerak maju dalam mengisi kemerdekaan, salah satu bentuk konkritnya adalah menjalankan secara bertanggung jawab tugas dan kepercayaan yang diberikan, entah sebagai pimpinan rakyat ataupun sebagai pimpinan umat beragama, juga entah siapa pun dan apa pun statusnya. 


Baca: Pergelaran Caci Dalam Rangka Peringati HUT RI ke-79 dan Usia 17 Tahun Sabar, Camat Anselmus Ngomong Soal ini


"Berikanlah kepada Kaisar apa yangmenjadi hak Kaisar, dan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah. Saya sebagai tokoh Agama sangat mengapresiasi Bapak Camat Satarmese Barat, Bapak Sekcam dan segenap Panitia HUT RI ke-79 tingkat Kecamatan Satarmese Barat yang sudah berusaha dan menunjukkan kerja sama dan sama-sama bekerja untuk kesuksesan acara ini", tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati HUT RI Ke-79, Pastor paroki Narang, Masyarakat Harus Move On And Move Together Untuk Kebaikan Bersama

Trending Now

Iklan