Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Rapat Rutin DPP Paroki "Samarasa" Hokeng bulan Agustus 2024

Suara BulirBERNAS
Friday, August 30, 2024 | 12:05 WIB Last Updated 2024-08-30T05:12:38Z
Rapat Rutin DPP Paroki "Samarasa" Hokeng bulan Agustus 2024
Rapat Rutin DPP Paroki "Samarasa" Hokeng bulan Agustus 2024



Oleh: RP. Stefanus Dampur, SVD*)


Prolog

Hari yang cerah,  Kamis, 29 Agustus 2024. Saat itu waktu menunjukkan pukul 16.00 WITA. Berkumpullah sejumlah besar DPP Inti, Dewan Harian dan  pengurus DPP,  Lingkungan serta Stasi dan Wakil Organisasi dan Kelompok Gerejawi bertempat di Pendopo Pertemuan Pastoran Paroki Hokeng yang masih dipenuhi abu vulkanik dari gunung berapi Lewotobi.


Baca: Penerimaan Sakramen Babtis Pertama di Rumah Doa Golo Waso


Agenda Pertemuan


Adapun agenda pertemuan yakni Persiapan Bulan Kitab Suci Nasional,

Kursus Persiapan Perkawinan Gelombang II dan Varia Pastoral. Sebelum membahas agenda sidang, kami diantar dalam Doa Pembuka yang dipimpin oleh Diakon Venan Ragha, SVD yang sebelumnya telah diminta oleh Pemimpin sidang sekaligus Ketua Pelaksana DPP Hokeng, Bpk. Gaspar Lakebelek Tukan.


Hasil Rapat


Setelah melewati dialektika dan dinamika diskusi yang alot tapi penuh kasih persaudaraan, akhirnya kami mencapai kata sepakat yang disimpulkan sebagai hasil rapat.

Adapun Hasil Rapat yakni :

Pertama, Persiapan Bulan Kitab Suci Nasional. 

Pembukaan kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) dilaksanakan serempak di semua Gereja Stasi dalam Wilayah Paroki Hokeng  pada hari Minggu, tanggal  01 September 2024. Tata perayaan Ekaristi Pembukaan BKSN bisa dilihat pada buku Panduan yang disiapkan oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).


Dalam kaitan dengan keluhan tentang "pembekalan bagi para fasilitator" maka, akan dilaksanakan 

Kegiatan Pembekalan Fasilitator akan dilaksanakan pada Hari Minggu  tanggal 01 September 2024 Setelah perayaan Misa.

Adapun peserta kegiatan dalam pembekalan fasilitator adalah utusan fasilitator Komunitas Basis Gerejani (KBG).


Para Pemateri


Sesuai hasil pertemuan DPP pada Kamis, 29 Agustus 2024, maka pemateri dalam Kegiatan Pembekalan Fasilitator,  sebagai berikut :

Stasi Plue: Ibu Yovita Bie, Stasi Sukutukang : Ibu Maria Muda Tobi, Stasi Hokeng : Diakon Venan Ragha, SVD, Stasi Boru : Ibu Kristina Stevin Uran, Stasi Bawalatang : Ibu Rosdiana Hasulie, Stasi Duang : Bapak Lukas Waru Puka.


Baca: Gelar Misa Syukur Keluarga di Stasi Lamba, Imam Baru : Dalam Kerapuhanku, Tuhan Justru Membutuhkan


Merayakan dan Memaknai BKSN: Membudayakan Membaca Kitab Suci dan Mengumatkannya


Kegiatan atau aksi nyata selama bulan Kitab Suci terpusat di masing- masing Stasi dan Lingkungan, dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

Tingkat Sekolah (SD – SMA/ SMK ) kegiatan dalam bentuk "Story Telling"/menceritakan kembali isi Kitab Suci dan kegiatan lain sesuai kondisi pada masing-masing sekolah.


Tingkat Stasi dan lingkungan, dalam bentuk perlombaan,  meliputi :

Baca Kitab Suci (Khusus untuk Bapak–Bapak), 

Kuis Kitab Suci ( Khusus Pengurus KBG ), Pujian Paskah/Exultet untuk  ( Orang Muda Katolik Putra),

Maklumat Natal dalam lagu ( Orang Muda Katolik Putri).

Bentuk kegiatan lain dapat ditambahkan sesuai keputusan bersama di tingkat Stasi/ Lingkungan.


Pakar Kitab Suci Ledalero Dihadirkan

 

Dalam rangka membudayakan gerakan membaca dan merenungkan isi Kitab Suci dan mengumatkannya maka sesuai dengan Hasil Pleno Paroki Hokeng tahun 2024, DPP menghadirkan Pakar Kitab Suci Ledalero, Pater Doktor Lukas Jua, SVD.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan terpusat di Paroki Hokeng pada hari Jumat sampai Sabtu, tanggal  06 –07 September 2024.

Berkaitan dengan kegiatan ini maka masing–masing KBG dapat mengutus 2 (dua) orang sebagai peserta kegiatan. Mereka diharapkan mengikuti kegiatan secara serius dan membuahkan hasil dalam pewartaan Sabda Allah di lingkungan masing-masing.

Peserta lain dari utusan Kelompok Kategorial. Untuk semua Pengurus DPP wajib hadir sebagai peserta kegiatan.

Selanjutnya, kegiatan Penutupan Bulan Kitab Suci Nasional dilaksanakan serempak di semua Gereja Pusat Paroki dan Stasi pada hari Minggu, tanggal 29 September 2024.


Agenda Kedua: Kursus Persiapan Perkawinan (KPP)


Pendaftaran Calon Peserta KPP dilaksanakan pada tanggal 02  sampai 28 September 2024.

Pelaksanaan KPP tanggal : 01 sampai 04 Oktober 2024.

Biaya KPP yakni  Rp. 750.000,-/calon  pasangan suami-isteri.


Varia Pastoral 


Ada beberapa varia pastoral yang disampaikan dalam pertemuan DPP bulan Agustus 2024 ini yakni:

Pertama, pendaftaran Aset Milik Stasi / Lingkungan/Paroki. Hal ini merupakan permintaan dari pihak  Keuskupan Larantuka.

Diharapkan agar para ketua Stasi dan Lingkungan  mendata asset ( Tanah ) milik  Stasi /Lingkungan dengan mengisi format yang sudah dibagikan oleh pihak Sekretariat Paroki. Dilampirkan dengan Sertifikat kepemilikan tanah. Batas Waktu pengumpulan tanggal : 31  Agustus 2024.

Kedua, Pengurus DPP diminta agar membangun komunikasi dengan pihak Dinas Dukcapil Kabupaten Flores Timur untuk penerbitan Akta Nikah bagi peserta KPP Gelombang ke-2 di bulan Oktober 2024.

Ketiga, menyikapi kekurangan ketersediaan air di wilayah Paroki Hokeng maka perlu diupayakan untuk penggalian sumur bor. Hal ini sangat urgent (penting dan mendesak). 

Keempat, Diupayakan perbaikan Rumah Pastoran pada bagian atap (Akibat erupsi dan abu vulkanik gunung berapi Lewotobi) dan K

kerusakan lainnya sebelum musim hujan tiba.

Kelima, Penataan jaringan pipa  air di kompleks pastoran dipercayakan kepada Bapak Yos Witin (Dulipali) untuk mengkoordibasi pengerjaannya sesuai dengan pengalaman dan keahlian yang Beliau miliki.


Keenam, Wisma Lourdes yang berlokasi di  Lingkungan Padang Pasir akan ditata  dan digunakan sementara oleh umat Lingkungan Padang Pasir .

Ketujuh, kepada semua Stasi dan Lingkungan yang belum memiliki Kapela agar dapat menyiapkan lokasi tertentu (tempat ) untuk Pelayanan Misa dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan Pastor Paroki dan Tim Pastor.


Baca: Pantas Diteladani: Imam Katolik Meski Keluarganya Bukan Katolik


Kedelapan, Sidang Pleno Paroki Hokeng  diharapkan agar dilaksanakan lebih cepat dari tahun sebelumnya. Diharapkan pelaksanaan sidang pleno paroki Hokeng akan terjadi pada bulan Desember 2024.


Untaian Ucapan Terima Kasih dan Mohon Maaf serta Harapan 


Ketua Pelaksana DPP Hokeng, Bapak Gaspar Lakebelek Tukan dan Pastor Paroki Hokeng, Pater Maksimus Seno, SVD semacam kompak dan serempak mengucapkan limpah terima kasih kepada semua peserta  pertemuan. Mereka juga meminta maaf atas pelbagai kekurangan yang dialami dalam pertemuan. 

"Apa yang kita lakukan dalam pertemuan ini merupakan proses pembangunan jemaat Allah. Kita semua adalah subyek. Kita menjadi perpanjangan tangan Allah untuk melaksanakan kehendak Allah (...). Perhatian kita kepada kaum difabel adalah demi mewujudkan Kerajaan Allah. Biar sedikit yang kita berikan kepada mereka tetapi kita menunjukkan kebaikan Allah.Doa yang  kita laksanakan dengan setia sesungguhnya merupakan kekuatan. Oleh karena itu, kita melihat seluruh dinamika dan kegiatan pastoral kita  falam bingkai kehendak Tuhan. Sekali lagi terima kasih untukmu semua", demikian untaian kata penutup dari Pastor Paroki Hokeng asal Ngada tersebut.


Epilog


Sebelum menutup kegiatan pertemuan rutin bulanan DPP Paroki Hokeng (Kamis, 29 Agustus 2024), Pemimpin sidang memohon kesediaan Pater Stef Dampur, SVD untuk memimpin doa penutup kegiatan sekaligus memohon berkat atas santapan malam yang telah disiapkan. Usai doa, semua peserta pertemuan menikmati santap malam sederhana di Pastoran dan selanjutnya berpamitan untuk kembali ke rumah masing-masing. Semoga semua tiba di rumah dengan selamat. Tuhan memberkatimu semua, wahai  fungsionaris pastoral yang berdedikasi tinggi. 


*) Penulis adalah Pastor Rekan di Paroki Hokeng sekaligus partisipan pertemuan bulanan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rapat Rutin DPP Paroki "Samarasa" Hokeng bulan Agustus 2024

Trending Now

Iklan